Hubungi
Home | Hal

Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha


Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha STIAB Jinarakkhita merupakan program studi pendidikan tinggi yang pertama di Lampung. Pada mulanya program studi ini bernama Dharma Acarya hingga pada tahun tahun 2019 berganti menjadi Pendidikan Keagamaan Buddha.

Perkuliahan perdana program studi Pendidikan Keagamaan Buddha STIAB Jinarakkhita dimulai pada tanggal 27 September 2004 bertempat di Gedung SMU Bodhisattva Jalan Kuripan Setia Budi No. 7-8 Kuripan Teluk Betung – Bandar Lampung selama 1 tahun. Bertepatan dengan Dies Natalis pertama STIAB Jinarakkhita yang jatuh pada tanggal 27 September 2005, semua kegiatan pengelolaan administrasi kampus dan perkuliahan dipindahkan dari Gedung SMU Bodhisattva ke Gedung Yayasan Buddhayana Vidyalaya.

Pada tanggal 7 Februari 2006, Izin Operasional dari Departemen Agama Pusat STIAB Jinarakkhita diterbitkan melalui Surat Keputusan Dirjen Bimas Hindu dan Buddha Nomor: DJ.V/06/SK/2006 tanggal 7 Februari 2006. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, STIAB Jinarakkhita sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha dan merupakan bagian dari Pendidikan Tinggi Indonesia yang semestinya menyiapkan diri sesuai dengan standar dan kriteria yang sudah digarisbawahi untuk menjadi perguruan tinggi yang memiliki kualitas dan mutu tinggi. Pada tahun yang sama program studi Pendidikan Keagamaan Buddha STIAB Jinarakkhita melakukan pengembangan berbagai aspek kebutuhan perguruan tinggi.

Pada tahun 2010 dilakukan pembangunan Gedung kampus STIAB Jinarakkhita di tanah seluas ± 14.343 M2 di Jalan Raya Suban, Kelurahan Pidada – Kecamatan Panjang. Tahun 2015 program studi Pendidikan Keagamaan Buddha STIAB Jinarakkhita telah memiliki Gedung utama dengan kapasitas tiga lantai dengan kelengkapan sarana prasarana dan tata Kelola sebuah kampus sesuai kriteria dan standar. Sejak tahun 2015 hingga sekarang, STIAB Jinarakkhita telah beroperasi di Gedung dan bangunan milik sendiri.



Artikel Terkini



Polling Pendapat


Layanan online manakah menurut anda yang perlu kami kembangkan ke depan?